Mengatasi Bullying pada Anak di Lingkungan Sekolah Melalui Peran Orang Tua

Authors

  • Pandu Aditia Universitas Negeri Padang
  • Nur Hafizah Universitas Negeri Padang
  • Khairul Nisa Universitas Negeri Padang
  • Wirdanengsih Wirdanengsih Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/fcs.v1i1.3

Keywords:

Bullying, Karakter, Orang Tua

Abstract

Program ini dilatarbelakangi maraknya bullying yang terjadi dikalangan siswa sekolah dasar merupakan suatu permasalahan yang serius dan perlu adanya tindak lanjut. Dalam hal ini tidak hanya sekolah saja, namun peran orang tua sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Karena orang tua adalah sosok pertama yang anak contoh setiap perilakunya. Orang tua dapat menanamkan karakter anak dengan memberi contoh, membiasakan hal-hal baik, berkomunikasi, serta melibatkan anak dalam kegiatan rumah. Sehingga karakter yang ditanamkan orang tua pada anak sejak dini akan membentuk anak lebih percaya diri, lebih kuat dan dapat membawa diri dalam lingkungannya. Dalam menyikapi bullying, orang tua hendaknya menanamkan dan menguatkan anak untuk tidak takut dan harus memiliki rasa percaya diri, memilah-milih teman dalam bergaul, bahkan memberikan kewenangan untuk membela diri atau bahkin membalas.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Pandu Aditia, Hafizah, N., Nisa, K., & Wirdanengsih, W. (2025). Mengatasi Bullying pada Anak di Lingkungan Sekolah Melalui Peran Orang Tua. Facilitate Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/fcs.v1i1.3