Digitalisasi Pembelajaran Melalui Tik Tok: Strategi Meningkatkan Keterampilan Sosial Media pada Siswa di Era Abad 21

Authors

  • Sabar Aulia Rahman Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/fcs.v1i1.5

Keywords:

Keterampilan Sosial Media, Literasi Digital, Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Abadi 21

Abstract

Pembelajaran abad 21 mengharuskan penguasaan teknologi digital sebagai keterampilan penting bagi siswa dan pendidik. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital siswa dan pendidik di SMAN 3 Bukittinggi melalui pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital, dengan siswa menjadi lebih terampil dalam membuat konten edukatif dan berbagi pengetahuan melalui TikTok. Pendidik juga mulai mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran mereka dengan lebih percaya diri. Program ini berhasil membuktikan bahwa TikTok dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kreativitas, keterlibatan, dan literasi digital siswa. Diharapkan, penggunaan TikTok dalam pembelajaran dapat diteruskan dan dikembangkan di masa depan untuk mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

 

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rahman, S. A., & Fernandes, R. (2025). Digitalisasi Pembelajaran Melalui Tik Tok: Strategi Meningkatkan Keterampilan Sosial Media pada Siswa di Era Abad 21. Facilitate Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.24036/fcs.v1i1.5