Digitalisasi Pembelajaran Melalui Tik Tok: Strategi Meningkatkan Keterampilan Sosial Media pada Siswa di Era Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.24036/fcs.v1i1.5Keywords:
Keterampilan Sosial Media, Literasi Digital, Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Abadi 21Abstract
Pembelajaran abad 21 mengharuskan penguasaan teknologi digital sebagai keterampilan penting bagi siswa dan pendidik. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital siswa dan pendidik di SMAN 3 Bukittinggi melalui pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital, dengan siswa menjadi lebih terampil dalam membuat konten edukatif dan berbagi pengetahuan melalui TikTok. Pendidik juga mulai mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran mereka dengan lebih percaya diri. Program ini berhasil membuktikan bahwa TikTok dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kreativitas, keterlibatan, dan literasi digital siswa. Diharapkan, penggunaan TikTok dalam pembelajaran dapat diteruskan dan dikembangkan di masa depan untuk mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




